Sabtu, 18 Juni 2011

Penyalahgunaan Data Diri di Internet

Masih terkait dengan rambu-rambu dalam berinternet, berikut adalah contoh-contoh penyalah- gunaan data diri kita di internet yang bisa saja menimpa siapa saja, bila tidak berhati-hati. Penggunaan data diri dan identitas di internet yang paling banyak dilakukan adalah digunakan untuk membobol password kita, misalnya password email, situs jejaring social semacam Facebook, atau yang lainnya. Cara membobol dengan menggunakan identitas ini tidak dilakukan dengan cara yang canggih seperti teknik cracking atau phising, tapi cukup dengan cara yang awam saja. Terutama bagi kita yang tidak berhati-hati dengan password, semisal masih menggunakan tanggal lahir, nama orang tua atau data diri lainnya. Pada beberapa kasus password seperti ini dapat dibobol dengan cara memasukkan salah satu pertanyaan data pribadi.

Selanjutnya data diri kita dapat disalahgunakan untuk membobol kartu kredit. Terkadang hanya dengan mengetahui informasi dasar dan pernah melihat nomor kartu kredit dan tiga digit terakhir di belakang kartu kredit orang lain dapat memanfaatkannya untuk sejumlah traksaksi online.

Dan yang paling sering menimpa kita adalah ada pihak-pihak yang memanfaatkan data diri kita untuk keperluan promosi. Bagi sebagian orang yang bekerja di bidang pemasaran terkadang memanfaatkan email untuk mempromosikan produk mereka. Selain email, mereka juga terkadang memburu alamat para pemilik ponsel. Dengan memanfaatkan salah satu widget di internet, mereka dapat mengirimkan brosur-brosur promosi tersebut ke berbagai alamat, baik melalui email maupun lewat sms.

Selain itu kadang hanya dengan hanya berbekal informasi dasar mengenai diri kita, seseorang dapat menggunakan data diri untuk kejahatan di internet, mulai dari transaksi fiktif hingga kejahatan kartu kredit. Juga yang paling ringan adalah, dengan menggunakan data diri kita, seorang teman atau orang iseng lainnya dapat melakukan perbuatan yang memalukan diri kita via internet ataupun kegiatan cyber bullying. Jadi meskipun internet banyak manfaatnya, tetap saja kita meski berhati-hati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution