Sabtu, 18 Juni 2011

Search Engine Fight: Bing Menjiplak Google?

Minggu ini diramaikan dengan berita pertarungan dua search engine besar, yaitu antara Google dengan mesin pencari buatan Microsoft, Bing. Awalnya adalah kecurigaan Google terhadap Bing, sebab sebagai pendatang baru ternyata popularitas Bing dari Microsoft yang terus menanjak. Tim ahli Google pun melakukan investigasi dan berupaya menemukan bukti-bukti bahwa selama ini Bing telah menjiplak hasil pencarian Google.

Bukti-bukti bahwa Bing telah menjiplak Google adalah dalam pencarian kata ‘tarsorrhaphy’. Pengguna yang memasukkan pencarian dengan kata kunci yang salah, yakni "torsoraphy". Namun, mesin Google akan merekomendasikan istilah yang benar berikut hasil pencariannya. Ternyata Bing tidak memberikan hasil pencarian dengan istilah yang salah itu, sementara pada akhir musim panas, Bing mulai memberikan hasil pencarian Google kepada penggunanya tanpa menyatakan istilah yang benar.

Menurut tim Google adalah janggal saat mesin memberikan hasil pencarian dengan keyword yang bukan diminta pengunjung tanpa tahu istilah yang benar. Sebab logikanya kalau memang tahu istilah yang benar, hasil pencarian dengan kata kunci yang benar tentu lebih banyak. Sedang kenyataannya, hasil dengan istilah yang benar ternyata hanya satu alamat dan bercampur dengan keyword yang salah.

Lalu beberapa bulan kemudian, Google pun mencatat bahwa jumlah alamat situs hasil pencarian di Google yang dijiplak oleh Bing makin bertambah banyak, baik dengan kata kunci yang populer maupun istilah yang salah ketik. Bahkan untuk hasil pencarian yang menurut Google tak benar karena salah algoritme pun muncul di Bing.

Lalu Google membuat sejumlah jebakan. Di antaranya ialah memasukkan kata-kata tak bermakna ‘mbzrxpgjys’ di kotak pencarian. Normalnya kata-kata itu tidak akan menghasilkan apa-apa karena memang tidak berarti sesuatupun. Nah, oleh tim ahli jika kata-kata itu dimasukkan ke dalam kota pencarian maka akan mengarah ke www.rim.com, yaitu perusahaan yang membuat ponsel BlackBerry. Dan tahukah yang terjadi kemudian, Bing termakan jebakan tersebut dengan meniru hal yang sama.

Kata kunci lain yang dijadikan eksperimen Google antara lain ‘hiybbprqaq’ yang diberi hasil pencarian pemesanan tiket di sebuah teater di Los Angeles. Selain itu ‘delhipublicschool40 chdjob’ yang diberi hasil pencarian alamat web Credit Union. Adapun kata kunci ‘juegosdeben1ogrand’e member hasil pencarian alamat web penjual perhiasan.

Dengan temuan-temuan tersebut disimpulkan oleh tim Google bahwa Microsoft memanfaatkan fitur Suggested Sites di IE8 dan Customer Experience Improvement Program di Bing Toolbar untuk mengirim data-data hasil pencarian pengguna di Google ke Microsoft. Atau bisa juga menggunakan metode lainnya agar hasil pencarian pengguna di Google bisa dijiplak Bing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution