Sabtu, 18 Juni 2011

Pembunuh Gmail Telah Lahir!

Meski sementara ini hanya dapat diakses untuk kalangan terbatas, akhirnya situs jejaring sosial Facebook, resmi mengeluarkan layanan emailnya. Mungkin saja ini adalah ancaman yang serius bagi penyedia layanan email yang sudah mapan seperti Google dengan Gmailnya yang beranggotakan 193 juta user, atau Windows Live Hotmail dengan 361 juta pelanggan dan Yahoo Mail 273 juta. Dengan anggota Facebook yang mencapai 500 juta di seluruh dunia, wajar saja bila hal tersebut dapat menjadi pesaing berat bagi para penyedia email tersebut.

Ada juga yang menyebut layanan e-mail dari Facebook ini akan menjadi 'Gmail killer' di masa mendatang. Maklum saja Facebook dan Google belakangan tidak akur. Hal itu dapat dilihat saat pekan lalu Google memblokir data kontak yang biasa diperoleh Facebook dari layanan Gmail. Selain itu perusahaan raksasa Google juga telah menaikkan gaji karyawannya hingga 10 persen untuk mencegah mereka yang ingin pindah ke Facebook.

CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa email yang selama ini dianggap terlalu formal dan lamban, terutama bagi kalangan muda. Meski demikian dia menolak bahwa layanan pesan di Facebook adalah sebagai email killer.

Lebih jauh Zuckerberg bahkan menyatakan bahwa layanan pesan pada Facebook adalah bukan email. Jadi meski para pengguna akan mendapatkan alamat di @facebook.com tapi jelas itu bukan email. Dalam sistem baru ini akan menyatukan pesan pendek (SMS), pesan instan (instant messaging), email, dan online chat ke dalam satu sistem.

Dalam layanan pesan Facebook tersebut user akan mendapatkan alamat email, dan jika profil Facebook kita adalah facebook.com/namaanda, maka alamat email kita adalah namaanda@facebook.com. Selain itu jika kita login ke Facebook, maka secara otomatis kita juga login ke dalam email kita sehingga jika ada email masuk otomatis akan terlihat, sehingga kita dapat membaca dan menjawab email tersebut.

Lebih lanjut setiap email masuk akan ada nada suaranya, sehingga kita dapat membedakan apakah email tersebut penting ataukah sekedar spam. Kita juga dapat membedakan apakah pengirim email tersebut berasal dari teman di dalam Facebook friend list atau bukan. Dan sebagaimana email pada umumnya Facebook email juga dilengkapi dengan file attachment.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution